Artikel Mahasiswa

Peran Penting Mahasiswa Yang Dinanti Masyarakat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

Kampus STIT  MUMTAZ adalah salah satu Kampus yang memiliki keunggulan dibidang jurusan Tarbiyah, dan di dalamnya juga terdapat sekumpulan mahasiswa dan dosen yang intelektual yang dimana memiliki tujuan tidak lain dan  tidak bukan untuk membina, mendidik, dan mengembangkan  kemampuan  mahasiswa  untuk menjadi generasi muslim dan muslimah yang  tunduk dengan syari’at islam serta menjauhi  larangan-Nya. Mahasiswa dan mahasiswi STIT MUMTAZ juga di didik untuk menjadi penerus estafet kepemimpinan bangsa. Di tangan merekalah arah perjuangan dan perubahan dilakukan. Merekalah yang diharapkan mampu memimpin bangsa ini ke arah yang lebih baik. Dosen di STIT MUMTAZ sangat berperan untuk mengajarkan keilmuan yang dikuasainya dan diharapkan mampu mendidik para mahasiswa sesuai apa yang diinginkan oleh masyarakat dan bangsa ini.

Menurut saya kampus STIT MUMTAZ merupakan bagian yang paling penting bagi bangsa,dan siapapun pasti mempunyai keinginan untuk menginjak jenjang pendidikan di STIT MUMTAZ. Saya juga menyarankan kampus STIT MUMTAZ juga harus melengkapi sarana fasilitas dikampus supaya  mahasiswa yang memiliki soft skill dan hard skill di STIT MUMTAZ bisa tersalurkan.

Karena berbicara soal Pendidikan tentu tidak lepas dari tingkatan yang akan dilalui. Dalam sistem Kapitalisme, setiap tingkatan punya standar tersendiri untuk bisa dikatakan “berprestasi”. Berbagai prosedur dan tahapan dilalui dengan berbagai perubahan yang sampai hari ini semakin memberatkan para pelajar.

Jika kita melihat kondisi sistem pendidikan pada jaman sekarang ini pendidikan sudah mulai internasional.Yang nampak dan dirasakan hanyalah keadaan yang sangat memberatkan serta mematikan sikap kritis dan kreatif mahasiswa. Mulai dari biaya yang mahal, sehingga menutup pintu bagi masyarakat yang kurang mampu, sampai kurikulum yang padat sehingga jadwal kuliah penuh seharian setiap harinya. Waktu mahasiswa hanya terbatas pada beberapa kegiatan rutin yaitu kuliah, tugas laporan, makan dan tidur. Akibatnya, mahasiswa dipaksa untuk tidak bisa membagi waktunya melakukan aktivitas yang lebih penting sebagai seorang muslim yaitu dakwah dan mengkaji islam.

Mahasiswa mempelajari Ilmu pengetahuan hanya sekedar ilmu saja (akademis) dan untuk bisa hidup (mendapat pekerjaan). Hanya mahasiswa yang mempunyai pemikiran kritis yang mempelajari ilmu pengetahuan dalam rangka kemaslahatan dan kebangkitan negaranya. Motivasi mempelajari ilmu hanya sebatas untuk mendapatkan nilai dan IPK yang tinggi. Ilmu yang diajarkan sebagaian besar adalah ilmu-ilmu dunia dan bersifat teoritis. Sedangkan Ilmu islam diberikan porsi yang sangat sedikit dan hanya ada pada tingkat pertama. Sehingga, keadaan ini memperparah akidah, pola pikir dan pola sikap mahasiswa. Maka wajar, jika kehidupan kampus dipenuhi dengan kegiatan yang berbau maksiat. Mulai dari aktivitas pacaran, ikhtilat, konser musik,dan sebagainya

Mahasiswa juga dibentuk untuk bersikap individualis, cuek, dan pragmatis.

Inilah yang terjadi dengan kondisi sistem pendidikan di indonesia, khususnya dalam wilayah kampus. Tentu sangat berat bagi mahasiswa yang mengemban mabda Islam untuk mendakwahi dan meraih kepemimpinan kampus. Di samping mereka harus mengikuti sistem yang ada, mereka juga harus membersihkan pemikirannya agar tetap jernih terhadap paham-paham sesat yang didapatinya baik dari perkuliahan.

Maka bdengan hadirnya kampus STIT MUMTAZ mampu menyebarkan kebaikan dan  mengajarkan nilai-nilai islam  kepada mahasiwa supaya  mahasiswa senantiasa meningkatkan ketaqwaannya  kepada Allah SWT  dan perbuatan meinggalkan perbuatan yang dilarang dalam  syari’at seperti maksiat atau kegiatan mahasiswa yang tidak terpuji yang tidak layak di perlihatkan di publik .mungkin sekian dari seya mohon maaf bila ada penulisan yang salah atau kurang berkenan dan kepada Allah SWT saya mohon ampun.Sekian dan terimakasih Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh . .

*Author: Nur Zannah Simbolon (Mahasiswa)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close