Pentingnya Mengenali Kemampuan Diri Saat di Bangku Kuliah

Mengenal diri sendiri bisa menjadi titik awal untuk menuju kebahagiaan dan kedamaian hidup. Kebahagiaan setiap orang pun berbeda-beda, seperti jabatan tinggi, kekayaan, keluarga yang sempurna, dan sebagainya. Tanpa memahami diri sendiri dan mengetahui tujuan hidup tersebut, Anda akan merasa resah, gelisah, dan seperti kehilangan arah.

Adapun hal yang perlu kita ketahui tentang mengenali diri adalah: Proses mengenali diri merupakan proses seumur hidup, dengan sering bertambahnya usia, pengalaman, kemampuan, jaringan pertemanan, dan paparan terhadap informasi, dan akan banyak lagi terjadi perkembangan dan perubahan dalam diri kita.

Cobalah mengenali diri lebih dalam, gali semua yang terbaik dan terburuk di dalam sana, sehingga kita bisa melihat diri yang sebenarnya. Hal tersulit dalam hidup ini adalah mengatasi diri sendiri dan bukan mengatasi orang lain atau musuh kita sekalipun, sebab kita seringkali tidak ingin bercermin dan melihat semua yang ada di dalam diri kita (keburukan dan kebaikan). Mulailah memahami diri kita sendiri sejak saat ini, sehingga bisa menemukan diri yang sebenarnya dan bukan diri yang selalu kita inginkan saja.

Dimasa itu pula, kita semakin mengenal diri kita lebih dalam, dengan apa yang kita suka, kita bisa, dan apa tujuan kita untuk masa yang akan datang. Dalam meningkatkan kemampuan diri kita tentuanya sebagai mahasiswa sangat mudah, kita bisa ikut organisasi-organisasi di kampus yang mana kegiatan tersebut akan meningkatkan mutu, kualitas diri kita dan juga pasti akan mengenali jati diri kita seperti apa jika di kaitkan dengan sosial. Mahasiswa di tuntut masyarakat tidak hanya dalam akademik tetapi interaksi sosial dan kemampuan yang di miliki mahasiswa karna mereka menilai dari apa yang dimiliki tidak hanya dengan sertifikatnya.

Berikut lima aspek penting yang harus kita ketahui, mengenai diri kita selama di bangku kuliah, yaitu:

  1. Kepribadian
  2. Minat
  3. Kemampuan
  4. Gaya belajar
  5. Nilai kehidupan yang dianut

Dengan mengenali diri dari aspek-aspek tersebut, maka kita akan mampu membuat perencanaan masa depan yang jauh lebih terarah, seperti menentukan ketepatan dalam mengambil jurusan yang telah kita pilih , jalan menuju karier yang baik dan sesuai dengan kita, ataupun melanjutkan studi yang lebih tinggi.

Potret di atas menunjukkan bahwasanya menggali kemampuan diri di bangku kuliah tidak lepas dari bimbingan dan arahan dosen, agar apa yang kita inginkan dapat terealisasi dan mendapatkan hasil yang optimal. Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk pintar dalam bidang akademik, akan tetapi juga pintar dalam bersosial dan juga pandai dalam berkomunikasi agar nantinya dapat berkontribusi di masyarakat.

*Author: Merdayana Putri Darwis (Mahasiswi STIT Mumtaz)

Tinggalkan komentar

× Butuh Bantuan ?