Artikel Mahasiswa

Islam Yang Berkualitas

‘’Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatu’’

“Dalam konteks Islam,ilmu pengetahuan Islam merupakan sebuah payung untuk pengetauan  seputar agama islam. Termasuk di dalamnya teori Islam (kalam) dan yurisprudensi Islam (fiqih). Oleh karna itu, banyak sekali membuka kuliah-kuliah Islam di seluruh Indonesia, termasuk STIT Mumtaz yaitu (sekolah tinggi ilmu tarbiyah) yang bertempat di Karimun. Tepatnya di jln.Pertambangan, kel. Teluk Una, kec.Tebing, kab. Karimun Kepulauan Riau.

“STIT Mumtaz adalah perguruan yang di bentuk yayasan fikrun nisa’ yang di bawah naungan Pesantren Hidayatullah Batam, yang berupaya mencerdaskan anak bangsa, menjadikan Islam yang berkualitas dan mampu menjadikan mahasiswa yang bertuhid. Sementara dalam konteks non Islam, ilmu pengetahuan agama Islam secara umum meliputi beberarapa hal seperti sejarah pendidikan agama Islam, sejarah peradaban Islam, hukum Islam, filosofi Islam, ekonomi Islam, perbandingan agama dan lain sebagainya .

“Program kuliah jurusan ilmu agama Islam atau dikenal juga dengan pendidikan agama Islam, merupakan salah satu program studi kuliah yang tersedia di beberapa negara, dengan tujuan untuk mencetak para sarjana dan pascasarjana di bidang ilmu agama Islam. Dalam kuliah ini, anda akan banyak di latih untuk mengembangkan pikiran dan wawasan dalam menghasilkan suatu karya penelitian untuk kontribusi pada bidang agama Islam. Dismping itu kuliah ini juga cocok bagi anda yang berminat untuk menjadi pengajar dan pendakwah di bidang pendidikan agam Islam di berbagai belahan dunia memilih kuliah di jurusan ilmu agama Islam ini, tentunya memiliki peluang yang terbuka luas.

Masyarakat yang mayoritas beragama islam seperti di Indonesia, Malaysia, Brunai Darussalam hingga jazirah Arab, akan bannyak membutuh kan peran pengajar (ulama) untuk menyeimbangkan antara kehidupan duniawi dan kehidupan akhirat kelak. Peran seorang lulusan jurusan ilmu agam Islam tentunya bukan hanya sebatas pendakwah saja. Anda memilih profesi lainnya seperti menjadi peneliti, pendidik, penulis buku, kepala sekolah hingga menjadi seorang wirausaha.

“wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatu”

*Author : Ratna Syafitri (Mahasiswi STIT Mumtaz)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close